Sabtu, 21 Mei 2022

Testimoni Mengikuti Kelas Blogger

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Syukur ahamdulillah saya ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan kesehatan dan rahmatNya sehingga saya bisa berjalan kembali tanpa bantuan tongkat serta dapat beraktivitas kembali seperti biasa.

Malam tadi saya juga bisa mengikuti kelas blogger, yang mana dulunya pernah saya abaikan karena masih belum tertarik apa yang mau kita isikan di dalam blog tersebut.
Tetapi setelah mengikuti pelatihan Belajar Menulis PGRI, saya menjadi tertarik kembali mempelajari blog. Apalagi setelah melihat tampilan-tampilan blog yang bagus-bagus dari rekan-rekan sekelas. 

 Saya senang sekali mengikuti kelas blogger tersebut. Dari mengikuti kelas ini saya jadi tahu kalau akun blog yang saya buat tahun 2020 itu masih bisa digunakan dan juga menjadi tahu alamat blog saya berkat Pak Brian.

Jika mengingat itu semua, saya pingin tertawa. Belajar yang diawali dengan sharing di grup WhatsApp, mulai dengan pemberian modul dan pemberian link YouTube sang Nara sumber tentang pembuatan blog hingga pelaksanaan zoom malam tadi yg dimulai pukul 19.30 hingga 21.30 WIB ini sungguh menyenangkan.

Bagaimana tidak, pada saat saya membuka modul dan mengikuti petunjuk cara-cara pembuatan blog, ada kendala pada tampilan yang muncul di laptop saya. Setelah konsultasi dan sharing, ternyata saya salah mengetikkan klu pada papan pencarian di chrom. Kemudian, setelah saya mengetikkan klu dengan benar yakni blogger, maka langsung muncullah blog saya yang sudah ada tersebut. Tetapi yang membuat saya bingung dan tertawa itu, saya tidak tahu alamatnya. Dan Pak Brianpun ikut tertawa waktu itu.

Setelah urusan alamat blog beres dan tibalah saatnya untuk menerima materi pada zoom. 
Topik-topik materi di kelas dasar blog:
- cara membuat blog
- menulis di blog
- membagikan link postingan blog ke media sosial
- menggunakan tamplate
- mengubah tema
- membuat label
- menampilkan gambar pada blog
- mengedit ataupun memperbarui postingan
Dan lain sebagainya. 

Dalam pelatihan kali ini saya juga menjadi mengetahui perbedaan antara blog dengan website yang selama ini membuat saya bingung.
Ternyata kalau blog itu lebih bersifat pribadi atau istilahnya punya perorangan, tetapi kalau website itu lebih ke kelompok atau organisasi dan sifatnya itu resmi. Sedangkan blog sifatnya lebih alami alias asli keseharian kita bagaimana yang isinya juga bisa curhatan diri kita ataupun bisa juga segala aktivitas keseharian kita.

Di dalam website bisa ada blog di dalamnya, tetapi di dalam blog tidak ada website di dalamnya.

Dari serangkaian kegiatan kelas blogger ini saya dapat menarik kesimpulan bahwa sesuatu yang kita pandang atau anggap sulit akan menjadi mudah jika kita sudah berniat untuk mengerjakannya. Ilmu jika hanya teori, maka akan sangat mudah kita lupakan dan tidak akan bermakna, tetapi jika sudah kita kerjakan atau amalkan, maka akan menjadi suatu pengalaman yang sangat bermakna.

Semangat belajar 💪
Belajar di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. 🙏
#belajarsepanjanghayat

Sorek Satu, 22 Mei 2022
By. Kasiatun Bundanya Bilqist
😍😍💝💝💝💝💝💝💝💝💝

Tidak ada komentar:

Posting Komentar